Senin, 13 Mei 2013

apa sih jazz itu ???


yang pasti sesuai dengan konteks tulisan kali  ini, jawabannya adalah ... jazz itu bukan varian city car yang di-release oleh honda yang saat ini banyak berkeliaran di jalanan :D

dari berbagai jawaban yang pernah saya baca, yang masih saya inget, dan masih jadi fave quote saya:
jazz itu adalah ... saya gak tau caranya, saya hanya tau memainkannya.
jazz itu adalah ... saya hanya memainkannya, dan tidak memikirkannya.
jazz itu adalah ... saya tidak memikirkannya, tapi itu keluar dari hati dan perasaan saya.

jawaban itu saya rangkum (seingatnya saja) dari kutipan louis armstrong, miles davis, marcus miller, dan lain-lain, dan lain-lain.

jazz itu sepertinya acak, tetapi jazz itu menuntut keteraturan.
jazz itu sepertinya semaunya sendiri, tetapi jazz itu menuntut teamwork untuk membangun komposisi.

nah, sebagai penutup menurut saya ... jazz itu adalah aliran musik yang memungkinkan kita untuk meng-explore (meng-expand) aliran musik lain untuk bisa naik ke next level menjadi lebih ekspresif, lebih bernyawa, lebih berperasaan, sehingga lebih menyentuh hati dan perasaan secara universal.

gak percaya ??? bole aja kok. tapi sebelumnya supaya lebih objective, mohon anda menyimak lagu kaulah segalanya (uthe sahanaya) yang masih polos ... http://www.youtube.com/watch?v=lysZekBXJO8

dan silakan membandingkan dengan lagu kaulah segalanya (masih uthe yang nyanyi, versi english) yang udah di-arrange jazzy oleh erwin gutawa ... http://www.youtube.com/watch?v=lysZekBXJO8

-pjs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar